Modifikasi Toyota Etios Valco G 2014 Garang Dengan Tampilan Eksterior Beda
Dalam sebuah perlombaan balap,
mengganti kendaraan pacu menjadi yang lebih baru tentu sudah menjadi hal yang
biasa bagi tim balap itu sendiri. Hal ini pula yang dilakukan oleh Toyota Team
Indonesia (TTI) yang tahun kemarin telah berpartisipasi dalam ajang kejuaraan
nasional slalom 2015. Setelah merasa puas hanya dengan mengandalkan Toyota
Yaris, kini TTI menjajal kemampuan Toyota Etios Valco G keluaran 2014 di kelas
F. Karena akan digunakan di kelas yang boleh melakukan modifikasi bebas,
membuat TTI semakin percaya diri untuk melakukan perubahan pada Toyota ETios
Valco ini. "Tapi itu juga tidak gampang. Waktu seri 1 di Lampung,
sebenarnya belum selesai," sebut Dimitri Fitra Ditama, Operational Manager
TTI.
TTI melakukan modifikasi utama
pada bagian mesin, menggantinya dengan mesin Toyota Yaris di engine bay Etios
tersebut. Mesin standar Etios berkode 3NR berkapasitas 1.200 cc diganti 1NZ-FE
dengan kapasitas 1.500 cc. Di kelas F, hal ini wajar saja dilakukan karena
dalam regulasi para peserta diperbolehkan mengganti mesin hingga menyentuh
kapasitas 2.000 cc. Pria yang akrab disapa Fitra ini juga mengatakan jika mesin
Toyota Yaris tersebut saat ini masih banyak standarnya dan berbeda jauh dengan
Toyota Yaris kelas F sebelumnya. isalnya saja setang piston yang tetap
dibiarkan standar, bersanding dengan piston CP Racing yang punya perbandingan
kompresi 1:13. "Pilihannya ada banyak. Pakai yang 13 paling pas, tidak
terlalu rendah tapi juga enggak tinggi-tinggi banget," sebutnya.
Agar bisa mendukung hal tersebut,
maka di gunakanlah perangkat peningkat performa lainnya. Misalnya saja
penggunaan piggyback Unichip Q, i-Drive serta throttle module. Piggyback yang
digunakan tentu saja bertujuan untuk memanipulasi data konsumsi bahan bakar
supaya lebih banyak. Sedangkan pemakaian i-Drive ditujukan untuk membuka
limiter putaran mesin. Kini, mesin 1NZ tersebut mampu berputar sampai 8.500
rpm, meningkat 2.000 rpm. Meski nampak tidak terlalu jauh, namun dalam slalom
peningkatan ini sudah sangat penting karena napas akan menjadi lebih panjang. Supaya
performa semakin meningkat, maka beberapa titik kuncian juga siap dipasang. Salah
satunya dengan menggunakan ECU stand alone. Uniknya, untuk mendudukkan 1NZ ke ruang mesin Etios tidaklah terlalu sulit. Keseluruhan
dudukan sudah pas hingga engine mounting sekalipun, bahkan aplikasi ini sudah
lengkap dengan as rodanya. Bagian lain yang juga menggunakan komponen Toyota
Yaris adalah komponen rem yang diambil dari varian S yang memiliki dimensi
cakram yang lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya.
Penggunaan rem dari Toyota Yaris
ini bisa memaksimalkan pengereman agar lebih pakem dan lebih dekat dengan kun. Sedangkan
pada bagian belakang ditambahkan kaliper milik produsen kendaraan lain. Suspensi
yang digunakan juga merupakan hasil adopsi Toyota Yaris sebelumnya. Karena
tidak persis sama, maka dilakukan sedikit modifikasi di bagian top mount. Dengan
racikan modifikasi ini, mampu mengantarkan peslalom TTI ke podium kelas F seri
1 di Lampung dengan pembalap Alinka Hardianti.
Leave a Comment