Valvematic Katup, Mekanisme Katup Terbaru Toyota Indonesia dan Keunggulannya.



Perkembangan teknologi katup pada mobil Toyota berkembang seiring berjalannya waktu. Hal ini tentunya dilakukan untuk memberikan konsumen Toyota teknologi yang semakin maju dan canggih pada kendaraan mereka.

Teknologi katup dimulai dari katup OHV, SOHC, DOHC, VVT-I, Dual VVT-I, sampai teknologi yang terbaru yaitu Valvematic.  Kali ini, kami akan membahas mekanisme katup terbaru yaitu Valvematic dan keunggulannya.

Valvematic pertama kali ada di Toyota Navigator One atau NAV1. Valvematic yang merupakan pengembangan dari teknologi VVT-i, berupa sistem continous Valve Lift Control yang bekerja sama dengan sistem Valve timing Control Milik VVT-i.

Sistem kerja sama dengan VVT-I ini berupa waktu buka tutup katup “masuk” yang bervariasi, sedangkan besar bukaan katup disesuaikan oleh Valvematic sehingga pengaturan pembukaan katup masuk dan buang akan lebih presisi.

Valvematic juga dapat mengatur suplai bahan bakar sesuai kebutuhan mesin karena pembukaan katup maksimum yang lebih besar dibandingkan katup lainnya.

Gambar diatas adalah perbandingan mesin konvensional dan mesin yang menggunakan Valvematic.

Besarnya pembukaan katup pada mesin konvensional bersifat konstan, sedangkan untuk mesin yang menggunakan Valvemativ akan lebih variable sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih minimal.

Dari pengetahuan diatas dapat disimpulkan bahwa kelebihan Valvematic adalah sebagai berikut; yang pertama jelas lebih hemat bahan bakar karena besarnya bukaan katup di sesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, engine output lebih besar, karena bukaan katup maksimum lebih besar dibandingkan katup biasa. Emisi Gas buang lebih rendah dan Engine Response lebih baik pada saat menginjak pedal gas.


Disamping keunggulan dalam segi teknologi, dalam hal perawatan, teknologi yang satu ini tidak memerlukan perlakuan khusus. Perawatanya sama dengan teknologi sebelumnya, yaitu servis berkala sesuai jadwal.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.