Ingin Gunakan Knalpot Header? Baca Panduannya Berikut Ini




Knalpot memiliki fungsi utama berupa mengeluarkan gas buang yang telah dihasilkan oleh ruang bakar mesin. Namun, jangan sampai meremehkan komponen yang satu ini karena jika sistem gas buang kendaraan Anda buruk maka performa mesin juga akan turun. Hal ini pun akan membuat mesin tidak bertenaga atau loyo serta boros BBM.

Sistem gas buang sendiri memiliki tiga bagian dasar berupa header atau amnifold, pipa penyalur, dan yang terahkir silencer atau muffler. Dalam perkembangannya, di dalam sistem ini kini juga terdapat resonator, glasspacks, converter dan catalytic. Selanjutnya, header atau biasa disebut juga dengan manifold adalah bagian yang tertempel pada silinder head.

Bagian dasar tersebut memiliki tugas utama untuk mengoptimalkan kecepatan dari aliran gas buang. Semakin lancar dan cepat, maka performa dan tenaga mesin makin besar. Karena itulah, para engine tuner pasti akan memasukkan knalpot header modifikasi sebagai salah satu syarat utama untuk menaikan performa mesin. Nah, sebenarnya bagaiman sih proses modifikasi ini dilakukan?

Proses modifikasi dimulai dari pipa knalpot yang masing-masing jalan pipa harus dimodifikasi dengan sedemikian rupa agar bisa mengalirkan udara secara lancar dan smooth sehingga dapat mengurangi penahanan flow. Selain itu, diameter pipa knalpot juga bisa diselaraskan dengan kapasitas mesin dan karakter yang diinginkan.

Prinsip dasarnya adalah pada setiap pipa header haruslah memiliki panjang yang sama supaya kecepatan atau speed gas buang yang dihasilkan pada setiap ruang bakar memiliki karakter yang sama. Anda juga harus memperhatikan panjang pipa knalpot dan tekananya karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi performa mesin pada RPM tertentu.

Sebagai tambahan, untuk mereduksi panas yang ditimbulkan, lapisi header knalpot Anda dengan keramik. Untuk konfigurasi, Anda bisa memakai perbandingan 4 : 1 (empat pipa header masuk menjadi satu bagian di dalam pipa pembuangan). Bisa juga dengan konfigurasi 4 : 2 : 1 (empat pipa header dijadikan dua bagian yang terpisah dan menjadi satu bagian kembali pada pipa pembuangan).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.